Minggu, 29 Desember 2013

"KELANGKAAN SUMBER DAYA MANUSIA" (pengganti tugas UAS bisnis dan kewirausahaan)




 
“KELANGKAAN SUMBER DAYA MANUSIA”
  
Penyebab utama terjadinya kelangkaan yaitu terjadi akibat ulah manusia itu sendiri yang bersikap serakah mengeksploitasi Sumber Daya Alam secara berlebihan, jika sumber daya alam terus menerus dikeruk maka lama kelamaan akan habis bukan saja langka. Pendidikan pun akan terbengkalai dan mengakibatkan Sumber Daya Manusia akan berkurang atau langka. Sumber Daya Manusia merupakan modal dasar pembangunan nasional, oleh karena itu maka kualitas Sumber Daya Manusia senantiasa harus dikembangkan dan diarahkan agar bisa mencapai tujuan yang diharapkan.

SUMBER DAYA MANUSIA
Adalah semua manusia yang ada di dunia ini yang mampu niat dan mau melakukan serta meluangkan diri untuk melakukan suatu pekerjaan yang bermanfaat buat diri sendiri dan orang lain, terpacu dari daya pikir dan daya fisik yang di miliki pribadi manusia masing-masing. Sumber daya manusia menjadi unsur utama dalam setiap aktivitas yang di lakukan, tanpa peran peralatan handal dan canggih dan tanpa peran sumber daya manusia tidak berarti apa-apa, modal dasarnya adalah daya pikir yang di bawa sejak lahir, sedang kecakapan di peroleh dari usaha belajar dan berlatih/pelatihan.

KELANGKAAN SUMBER DAYA
Adalah kondisi di mana kita tidak mempunyai cukup sumber daya untuk memenuhi kebutuhan kita. Dengan kata lain kelangkaan terjadi karena jumlah kebutuhan lebih banyak dari jumlah barang dan jasa yang tersedia. Kelangkaan bukan berarti segalanya sulit dicari atau ditemukan.

JENIS-JENIS KEBUTUHAN
1 ) Kebutuhan Primer
Kebutuhan ini berkaitan erat dengan kodrat kita sebagai manusia. Kebutuhan primer adalah kebutuhan yang mutlak HARUS dipenuhi untuk kelangsungan hidup manusia. Kebutuhan primer disebut juga kebutuhan pokok. Seandainya kebutuhan primer tidak dipenuhi, kelangsungan hidup manusia akan terganggu. Contoh : makan, minum, pakaian, dan tempat tinggal.
2 ) Kebutuhan Sekunder
 Adalah kebutuhan yang dipenuhi setelah kebutuhan pokok terpenuhi. Kebutuhan sekunder merupakan kebutuhan atau pelengkap kebutuhan pokok. Kebutuhan sekunder setiap orang dapat berbeda-beda. Contoh : perabot rumah, pendidikan, tas, sepeda motor, meja, kursi, dll.
3 ) Kebutuhan Tersier
Kebutuhan tersier adalah kebutuhan yang dapat dipenuhi setelah kebutuhan primer dan sekunder terpenuhi dengan baik. Umumnya, pemenuhan kebutuhan ini dilakukan oleh orang-orang yang berpenghasilan tinggi. Contoh :mkebutuhan rumah mewah, perhiasan, berlian, dan mobil mewah.

(Pengetahuan Pribadi)

FAKTOR PENYEBAB :

1.      Keterbatasan Sumber Daya
Lingkungan alam menyediakan sumber daya melimpah bagi pemenuhan kebutuhan manusia. Akan tetapi, jumlah sumber daya semakin berkurang akibat sifat manusia yang serakah.
2.      Perbedaan Letak Geografis
Ada wilayah yang tanahnya subur dan kaya tambang. Ada pula wilayah yang tandus dan kekurangan air bersih.
3.      Rendahnya Kemampuan Produksi
Kemampuan produksi berpengaruh terhadap ketersediaan barang dan jasa sebagai alat pemenuhan kebutuhan. Kemampuan produksi yang terbatas akan mengakibatkan rendahnya kapasitas produksi. Hal ini dapat menimpulkan ketidakterpenuhinya kebutuhan manusia.
4.      Lambatnya Perkembangan Teknologi
Produsen butuh waktu untuk menerapkan teknologi produksi yang baru, sementara kebutuhan hidup manusia terus berkembang. Lambatnya perkembangan dan penerapan teknologi menyebabkan tidak terpenuhinya kebutuhan manusia.
5.      Terjadi Bencana Alam
Contohnya bencana banjir, longsor, gempa bisa menghambat distribusi barang dan jasa. Keterlambatan ini menyebabkan masyarakat tidak bisa segera mengonsumsi barang dan jasa.
6.      Keterbatasan Sumber Daya Alam
Contoh : Terbatasan jumlah air bersih dan hutan gundul
7.      Keterbatasan Sumber Daya Manusia
Kualitas sumber daya manusia di Indonesia jika dibandingkan dengan kualitas sumber daya manusia di negara-negara maju masih jauh tertinggal. Kemampuan untuk mengolah sumber daya yang ada masih rendah. Sehingga barang yang dihasilkannya pun masih rendah pula baik jumlah dan kualitasnya.
8.      Keterbatasan Modal
Sumber daya modal dapat berupa mesin-mesin, bahan baku ataupun peralatan-peralatan lainnya. Keterbatasan sumber modal dibuktikan dengan alat-alat yang digunakan dalam produksi masih menggunakan mesin-mesin berteknologi rendah.


.
FAKTOR PENYEBAB :
1.      Rendahnya pendidikan berdampak terbatasnya kemampuan manusia dan kurangnya tenaga ahli
2.      Pertambahan jumlah penduduk
3.      Produktivitas tidak lancar
4.      Motivasi yang rendah
5.      Kepadatan jumlah penduduk

(Pendapat Tambahan Pribadi)




SOLUSI KELANGKAAN SUMBER DAYA MANUSIA

1    1. Dengan adanya IPTEK

Dengan IPTEK, maka SDM Indonesia akan semakin meningkat dengan pengetahuan-pengetahuan dari teknologi tersebut. Dengan kemajuan SDM ini, tentunya secara tidak langsung akan mempengaruhi peningkatan ekonomi di Indonesia. Berkaitan dengan pasar global dewasa ini, tidaklah mungkin jika suatu negara dengan tingkat SDM rendah dapat bersaing, untuk itu penguasaan IPTEK sangat penting sekali untuk dikuasai. Selain itu, tidak dipungkiri globalisasi telah menimbulkan pergeseran nilai dalam kehidupan masyarakat di masa kini akibat pengaruh negatif dari globalisasi. 

2. Menghemat Sumber Daya
 
Penghematan SDA dan SDM sangat penting karena suatu saat nanti kita akan mewariskan bumi ini pada anak, cucu, serta cicit kita. Jika kita tidak menghemat dan menghabiskannya sekarang, maka anak cucu kita akan kesulitan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Maka dari itu kita harus menyadari bahwa kita hidup sekarang ini bukan untuk menggunakan SDA, kita hidup untuk menjaga agar SDA ini tetap dapat digunakan oleh anak cucu kita yang akan mewarisi bumi ini.
Untuk menghemat SDA sebenarnya tidak sulit, hanya yang perlu diutamakan adalah niat. Jika kita memang berniat untuk menghemat, maka kita akan melakukannya. Tetapi jika kita malas dan tidak ada niat, maka kita akan menggunakannya secara boros. Ini bergantung dari diri kita sendiri. Untuk menumbuhkan niat diperlukan kesadaran, untuk menumbuhkan kesadaran perlu adanya pendidikan. Jika kita mendidik anak-anak kecil kelak  untuk berhemat SDA, maka pada saat dewasa nanti anak-anak itu akan memiliki kesadaran akan pentingnya berhemat.

3    3. Ketahanan Pangan dan Teknologi

Setiap individu harus siap sedia menyediakan makanan dan pangan yang bergizi. Pangan tidak hanya dihasilkan oleh pertanian, peternakan, perikanan, perkebunan dan kehutanan, tetapi juga oleh industri pengolahan pangan. Selanjutnya, pangan yang cukup tidak hanya dalam jumlah tetapi juga keragamannya, sebagai sumber asupan zat gizi makro (karbohidrat, protein, lemak) dan zat gizi mikro (vitamin dan mineral); untuk pertumbuhan, kesehatan, daya tahan fisik, kecerdasan dan produktivitas manusia. sedangkan kita juga harus melek teknologi agar setiap perkembangan yang terjadi kita mengetahuinya dan tidak ketinggalan zaman karena sekarang ini teknologi merupakan hal yang sangat penting.

4    4. Peningkatan Mutu Pendidikan

Solusi agar tidak terjadi kelangkaan akibat rendahnya pendidikan adalah Peningkatan mutu pendidikan, yaitu setiap individu haruslah menyelesaikan pendidikannya, bila perlu sebaiknya sampai kejenjang perguruan tinggi. Untuk Peningkatan mutu pendidikan haruslah ditingkatkan terlebih dahulu kualitas pendidikan yang ditentukan oleh peningkatan proses belajar mengajar. Dengan adanya peningkatan proses belajar mengajar dapat meningkat pula kualitas lulusannya.

5    5.Program KB

Agar tidak terjadinya kelangkaan sumber daya manusia dan sumber daya alam akibat pertambahan penduduk maka perlu adanya sosialisasi tentang program keluarga berencana agar orang-orang dapat mencegah pertambahan penduduk yang sangat pesat.
·         Ariwibowo Yoga. 2007. Geografi SMA. Jakarta: Ganeca Exact.
·         Fauzi Akhmad. 2004. Ekonomi Sumber Daya Alam dan Lingkungan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

5 komentar:

  1. "Penghematan SDA dan SDM", maksud Tyas apa dengan frasa "Penghematan SDM"?

    Tugas selanjutnya adalah Tyas memberikan pertanyaan dan komentar pada beberapa blog berikut dan pastikan mereka menjawabnya, serta tolong notif saya jika sudah beres:

    1. http://kepemimpinan.esy.es/
    2. http://ainulchandra.blogspot.com/2013/12/ainul-fenomena-perekonomian.html
    3. http://muvidanuril.blogspot.com/2013/12/promotor-kesuksesan_29.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di daerah Bojonegoro dan Tuban itu sendiri kebanyakan pohon-pohon ditebangi karena digunakan untuk pembangunan minyak gas, padahal kita semua membutuhkan pohon-pohon untuk memenuhi kebutuhan SDA (misal: mendapatkan jumlah air bersih yang banyak, serta untuk mencegah terjadinya bencana alam. Apabila pohon itu tidak ditebang, maka manusia tidak akan mendapatkan kebutuhan SDM (seperti minyak), karena tidak ada lahan untuk membangun perusahaan minyak tersebut.
      Pertanyaannya : Bagaimana anda menyikapi permasalahan tersebut dan serta berikan solusi yang terbaik untuk menyelesaikan masalah tersebut?????

      Hapus
    2. dengan cara reboisasi (penanaman kembali) ke tempat yg sekiranya cocok untuk perhutanan, jadi kita masih bisa menghindari kejadian kelangkaan air bersih banjir maupun bencana alam yang lainnya..
      lahan pasti ada, tidak semua lahan di pergunakan sebagai perusahaan minyak atau pertambangan minyak
      dengan mendapat pasokan sumber minyak yang banyak tentu juga meningkatkan investasi keuangan daerah tsb dengan meningkatnya penghasilan daerah SDM otomatis jg mengalami peningkatan. Terimakasih !

      Hapus
    3. terima kasih mbak atas jawabannya,,, :)

      Hapus
  2. bagaimana anda menanggapi dengan kelangkaan SDM yang terjadi di daerah anda??? sebelum anda menyinggung kelangkaan SDM di negri ini.

    BalasHapus